๐๐ž๐ซ๐ฌ๐š๐ฆ๐š ๐ƒ๐š๐ง๐ฅ๐š๐ง๐ญ๐š๐ฆ๐š๐ฅ ๐ˆ๐•, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง ๐๐š๐ง๐ž๐ง ๐Š๐š๐œ๐š๐ง๐  ๐๐š๐ง๐ฃ๐š๐ง๐  ๐๐š๐ง ๐“๐š๐ง๐š๐ฆ ๐๐ข๐›๐ข๐ญ ๐“๐ข๐ฆ๐ฎ๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. bersama dengan Komandan Lantamal IV Kota Batam, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, CHRMP., M.Tr.Opsla. memanen kacang panjang, di RT 07/01 Kelurahan Kibing, Kampung Tembesi Bengkel, Rabu (10/7/2024). Kacang Panjang ini merupakan hasil tanaman petani binaan Lantamal IV Kota Batam. Kegiatan panen ini disejalankan dengan kegiatan panen raya Menteri Pertanian RI dan Kepala Staf Angkat Laut di Lampung.

โ€œTadi bersama-sama Kita sudah melaksanakan panen raya kacang panjang bersama dengan Komandan Lantamal IV dan sejumlah tamu VIP. Hasil panennya cukup banyak dan kualitas kacang panjangnya bagus,โ€ ujar Jefridin.

Usai memanen kacang panjang dilanjutkan dengan menanam bibit timun di lahan milik petani binaan Lantamal IV Kota Batam. Ia berharap timun yang ditanam ini dapat tumbuh subur dan menghasilkan buah yang berkualitas.

โ€œBatam memang bukan daerah penghasil, dari hasil produksi pertanian saat ini, hanya mampu memenuhi 20 persen kebutuhan di Kota Batam. Oleh karena itu sebagian besar kebutuhan sayur, cabe masih dari luar Batam,โ€ ujarnya.

Pemerintah Kota Batam menurutnya gencar mengajak Masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah untuk bercocok tanam. Bahkan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian, terus melakukan pembinaan kepada kepada kelompok tani di Kota Batam. Acara panen raya siang itu ditutup dengan Video Conference dengan Menteri Pertanian RI.(*)

ย 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *