๐๐ฎ๐ค๐š ๐‘๐š๐ค๐จ๐ซ ๐“๐ข๐ฆ ๐Š๐ž๐ฐ๐š๐ฌ๐ฉ๐š๐๐š๐š๐ง ๐ƒ๐ข๐ง๐ข, ๐‰๐ž๐Ÿ๐ซ๐ข๐๐ข๐ง: ๐…๐จ๐ค๐ฎ๐ฌ ๐‰๐š๐ ๐š ๐’๐ญ๐š๐›๐ข๐ฅ๐ข๐ญ๐š๐ฌ ๐Œ๐ž๐ง๐ฃ๐ž๐ฅ๐š๐ง๐  ๐๐ข๐ฅ๐ค๐š๐๐š ๐Ÿ๐ŸŽ๐Ÿ๐Ÿ’

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ โ€“ Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, secara resmi membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah (TKDP) Kota Batam di Kantor Wali Kota Batam, Rabu, (19/6/2024).

Rapat koordinasi ini dihadiri oleh 119 peserta yang terdiri dari anggota TKDP dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kota dan Kecamatan se-Kota Batam. Acara ini diselenggarakan berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 46 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini di Daerah.

Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan salam dari Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, serta mengucapkan selamat atas terselenggaranya rapat koordinasi ini. Beliau berharap forum ini dapat memperkuat peran FKDM dalam membantu pemerintah daerah menjaga stabilitas politik dan sosial menjelang Pilkada 2024.

โ€œTerima kasih kepada FKDM yang telah membantu mensukseskan Pemilu Februari 2024. Pilkada sendiri nanti, insyaallah, akan digelar pada 27 November 2024 dan tahapannya saat ini sudah mulai berjalan,โ€ ujar Jefridin.

Ia menekankan pentingnya menjaga keamanan dan kondusivitas Kota Batam, mengingat posisi strategis Batam yang mengandalkan investasi dan pariwisata untuk pertumbuhan ekonominya.

โ€œTingkat kunjungan wisatawan cukup baik di Batam. Pada akhir pekan, hotel-hotel di Batam penuh, yang meningkatkan pendapatan asli daerah serta ekonomi masyarakat kita. Ini patut kita syukuri,โ€ tambahnya.

Jefridin juga mengingatkan pentingnya peran FKDM dalam menghadapi berbagai potensi tantangan dan ancaman di tengah masyarakat.

โ€œJangan mudah terprovokasi dan diadu domba sehingga timbul konflik yang mengganggu kamtibmas. Saya berharap FKDM dapat berperan aktif di wilayah masing-masing untuk menjaga stabilitas keamanan,โ€ tegasnya.

Rapat koordinasi ini diharapkan dapat meningkatkan kerjasama dan sinergi antara TKDP, FKDM, dan instansi terkait lainnya untuk menghadapi isu-isu strategis dan mewujudkan Batam yang aman dan nyaman.

Kepala Badan Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung, turut menyampaikan bahwa FKDM telah dilibatkan dalam Pemilu 2024 dan terus memberikan laporan harian melalui WhatsApp serta laporan tertulis bulanan terkait tantangan dan hambatan yang dihadapi di tengah masyarakat.

โ€œKami sedang dalam proses membentuk FKDM di tingkat kelurahan dan berharap FKDM Kelurahan sudah terbentuk pada tahun 2025,โ€ ungkap Riama.

ย 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *